Gejala Herpes

Gejala herpes umunya dapat dilihat dengan munculnya gelembung-gelembung kecil di sekitar bagian tubuh yang mudah terlihat oleh mata. Gelembung-gelembung herpes tersebut umumnya berderet pada bagian tubuh yang diserang umumnya terdapat di punggung, tangan dan beberapa bagian di belakang telinga.

Herpes ialah radang kulit yang ditadai dengan pembentukan gelembung-gelembung berkelompok. Gelembung-gelembung ini berisi aira pda dasar peradangan. Ada dua macam penyakit herpes yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zooster disebabkan oleh virus Varicella zoster gejalanya yang khas ialah timbulnya gelembung-gelembung kecil, biasanya di daerah punggung. Gelembung-gelembung ini terasa nyeri dan dapat pecah sehingga dapat menimbulkan infeksi bakteri.

Gejala Herpes

Gejala Herpes

Herpes simpleks disebabkan oleh herpes virus hominis (HVH). Ada dua macam HVH yaitu HVH tipe I yang menyebabkan herpes labialis dan keratitis atau HVH tipe II yang menyebabkan penyakit kelamin yang disebut herpes genitalis. Herpes labialis menyerang bibir yang menyebakan rasa panas dan gatal yang dapat ditularkan melalui kontak dengan sekresi di sekitar mulut.

Herpes keratitis merupakan infeksi virus yang mengenai kornea mata yang dapat menimbulkan luka. Herpes genitalis dapat ditularkan melalui hubungan seksual dengan gejala gatal-gatal dan nyeri di daerah kemaluan.

Berbagai infeksi virus pada manusia disebabkan oleh kelompok besar virus DNA. berlainan dnegan infeksi virus lainnya dan mirip infeksi HIV, infeksi akibat virus herpes sukar sekali disembuhkan secara radikal. Sekali masuk ke dalam tubuh, virus herpes praktis tidak dapat dikeluarkan lagi.

Penyebaran virus herpes Virus ini menular. Menyerupai penyakit cacar. Virus berasal dari cadar herpes tersebar di udara dan masuk tubuh lewat saluran pernapasan. Penularan terjadi juga lewat bersentuhan langsung dengan cacar herpes atau memalui berciuman. Sedang herpes kelamin ditularkan melalui hubungan seksual. Tidak semua terjangkit virus herpes. Hanya saja jika daya tahan tubuh menurun, orang yang rentan terserang herpes. Semakin menurunkan daya tahan tubuh, semakin berat penyakitnya. Semakin tua usia pasien, umumnya semakin parah penyakit herpes yang diderita.

Selain pada saat daya tahan tubuh menurun, gejala herpes umumnya bisa kambuh jika :

1. Lama terpapar cahaya matahari
2. Sedang demam tinggi
3. Stress fisik maupun emosi
4. Aktivitas seksual
5. Sehabis operasi
6. Selagi haid
7. Mengkonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu. Pada saat herpes kambuh itulah virus herpesnya bangkit dari tidur, lalu bisa pindah menularkan kepada pasangan seksnya.

Gejala herpes Varicella Zoster

Dibawah ini akan kami jelaskan gejala dari penyakit herpes varicella zoster. Penyakit herpes varicella zoster merupakan herpes yang berbeda dengan herpes simpleks. Herpes zoster tidak termasuk ke dalam kategori penyakit menular seksual. Biasanya pada penyakit herpes varicella zoster diawali dengan seseorang yang mengalami cacar air akibat serangan virus herpes varicella yang belum sembuh dengan tuntas, dan virusnya masih berada di dalam akar saraf dan sifatnya adalah laten. Jika seseorang pernah mengalami penyakit cacar air, maka akan mempunyai resiko untuk mengalami serangan herpes varicella zoster atau kelanjutan dari penyakit cacar air yang disebut dengan istilah cacar api. Gejala herpes zoster adalah munculnya demam, pilek atau flu, dan tubuh yang mudah lelah. Selain itu, akan muncul lesi seperti bintik-bintik warna merah yang kemudian akan membentuk suatu lepuhan besar dan isinya adalah cairan. Akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi yang menyerang dibagian saraf yang terkena. Biasanya lesi ini akan muncul sekitar selama 7 hari. Dan akan sembuh dengan sendirinya atau bahkan ada juga yang harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala Herpes Simpleks

Berbeda dengan herpes varicella zoster. Penyakit herpes simpleks merupakan salah satu jenis herpes menular seksual. Biasanya penyakit ini ditularkan karena melakukan hubungan seksual. Dan penyakit ini belum diketahui obat apa yang bisa menyembuhkannya secara tuntas. Penyakit herpes simpleks ini juga bersifat laten. Namun, biasanya pada penderita tidak menyadari bahwa mereka mengalami serangan herpes simpleks sehingga mudah menularkannya lagi kepada orang lain. Penyakit herpes simpleks merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual dan harus ditangani dengan serius. Karena jika tidak akan menimbulkan kematian khususnya untuk bayi yang mengalami penularan akibat dari ibunya saat proses melahirkan. Sedangkan untuk orang dewasa, penyakit herpes simpleks ini memang jarang bisa menimbulkan terjadinya kematian namun bisa membuat kualitas hidup penderitanya menurun. Apalagi jika penderita mengalami serangan penyakit HIV, maka resiko untuk mengalami penurunan sistem imun tubuh juga akan semakin besar.

Gejala herpes simpleks ditandai dengan gejala seperti :

  1. Gejala klasik yang menimbulkan luka, vesikel atau juga ulkus.
  2. Biasanya selama masa jangkitan berlangsung, beberapa orang akan mengalami beberapa gejala sekumpulan lesi yang kedua, dan beberapa orang bisa mengalami gejala sama seperti flu, salah satunya adalah demam dan juga pembengkakan pada kelenjar terutama dibagian kunci paha. Gejala sakit kepala dan juga sakit saat buang air besar bisa terjadi pada gejala peristiwa pertama.

Gejala Herpes


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Herpes dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Herpes and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.